Cara Atasi Susah Tidur saat Haid

Cara Atasi Susah Tidur saat Haid


Selain mengalami perubahan suasana hati, muncul jerawat dan sakit perut, sebagian wanita juga bisa mengalami susah tidur saat haid. Bila dibiarkan, susah tidur ketika haid bisa mengganggu konsentrasi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Karena itu, cari tahu cara untuk mengatasinya.



Sebetulnya susah tidur atau yang disebut insomnia saat haid adalah salah satu gejala dari PMS (premenstruation syndrome) yang muncul akibat adanya perubahan hormon saat haid.

Keluhan-keluhan yang muncul saat haid seperti nyeri perut dan sakit pinggang turut membuat Anda semakin susah tidur ketika datang bulan. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa mengatasi susah tidur saat haid dengan beberapa cara berikut ini.

  • Rutin Olahraga
Haid atau menstruasi bukan alasan untuk tidak olahraga ya! Selain bisa mengatasi kram perut dan sakit kepala, olahraga ketika haid juga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Anda dapat melakukan renang, yoga atau senam,

  • Perhatikan Berbagai Makanan yang Dikonsumsi
Daging, yogurt, telur dan sayuran hijau termasuk jenis makanan yang disarankan selama haid. Jenis-jenis makanan ini bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan ketika menstruasi. Sehingga diharapkan bisa membantu mengurangi keluhan susah tidur yang Anda alami.

Anda tidak disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Karena makanan berlemak bisa meningkatkan resiko terkena gangguan pencernaan yang bisa mengganggu tidur Anda.

  • Atur Suhu Ruangan
Suhu ruangan dapat mempengaruhi kualitas tidur. Secara umum, suhu ruangan yang terlalu panas cenderung membuat Anda menjadi lebih susah tidur. Maka dari itu, sebelum tidur, pastikan suhu ruangan sudah diatur terlebih dahulu.

Buat suhu kamar Anda senyaman mungkin. Tidak panas dan tidak terlalu dingin. Sebelum tidur, Anda juga bisa mandi air hangat terlebih dahulu. Kegiatan ini dapat membantu Anda merasa lebih nyaman untuk tidur.

  • Lakukan Teknik Relaksasi
Sebagian wanita, mungkin akan merasa suasana hatinya gampang berubah ketika menstruasi. Sehingga bisa membuatnya menjadi tidak tenang serta susah tidur. Untuk menangani hal ini, Anda dapat melakukan teknik relaksasi sebelum tidur.

Cobalah untuk menarik napas yang panjang lewat hidung. Lalu lepaskan secara perlahan lewat mulut. Ulangi beberapa kali sebelum tidur. Ketika melakukan hal ini, coba bayangkan semua beban pikiran yang mengganggu ikut terbuang seiring Anda membuang napas.

  • Pilih Posisi Tidur yang Nyaman
Nyeri otot dan kram perut yang dirasakan ketika haid mungkin bisa mengganggu tidur Anda. Untuk mengatasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping atau terlentang. Jika perlu, Anda juga dapat menambah bantal untuk membuat tubuh lebih nyaman.

  • Jangan Konsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol ketika menstruasi bisa menyebabkan Anda menjadi susah tidur. Jadi, jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi alkohol, ada baiknya hentikan dulu kebiasaan tersebut saat menjelang haid dan atau selama haid.

Di samping itu, hindari melakukan diet dan konsumsi kafein selama haid. Karena hal ini juga dapat membuat Anda susah tidur. Bila keluhan susah tidur saat haid tak kunjung hilang dan mengganggu aktivitas harian Anda, jangan ragu untuk menemui dokter. Konsultasikan semua keluhan yang Anda rasakan pada dokter.

Mau tahu obat nyeri haid, obat telat haid, obat haid tidak teratur?



Komentar