Idap Diabetes? Jauhi Makanan dan Minuman Ini Ketika Puasa

Idap Diabetes? Jauhi Makanan dan Minuman Ini Ketika Puasa


Menjalankan puasa di bulan Ramadan dianggap bisa memberi dampak positif terhadap kesehatan. Tapi, bagi pengidap penyakit kronis seperti diabetes, menjalani ibadah puasa tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter bisa jadi malah membahayakan.



Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengidap diabetes. Pengidap diabetes disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks karena bisa menghasilkan energi secara perlahan.

Dan agar pengidap diabetes bisa berpuasa dengan aman, sebaiknya ketahui beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh para pengidap diabetes saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

  • Nasi putih
Jika saat ini Anda mengidap diabetes dan harus menjalankan puasa, maka jangan sampai mengonsumsi nasi putih secara berlebihan. Pasalnya, nasi putih mengandung karbohidrat yang cepat diserap oleh tubuh untuk menjadi gula darah.

Ada baiknya, ganti menu nasi putih ini dengan nasi merah karena nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang jauh lebih aman untuk penderita diabetes. Pasalnya, karbohidrat kompleks dicerna lebih lama untuk menjadi energi.

  • Makanan yang mengandung lemak trans
Selain kurma, berbuka puasa juga sangat identik dengan gorengan. Ada baiknya, para penderita diabetes menghindari mengonsumsi berbagai gorengan. Mengingat, gorengan memiliki banyak kandungan lemak trans. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat bisa meningkatkan gula darah.

  • Makanan yang berbahan tepung
Makanan berikutnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah makanan yang terbuat dari tepung. Makanan ini bisa meningkatkan gula darah lebih cepat karena mengandung karbohidrat sederhana sehingga mudah dicerna tubuh untuk diubah menjadi gula darah.

  • Minuman bersoda
Mengonsumsi minuman segar ketika berbuka tentu sangat menyenangkan dan bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Namun bagi penderita diabetes, mengonsumsi minuman segar seperti minuman bersoda sangat tidak disarankan.

Pasalnya, minuman bersoda mempunyai tambahan gula yang tinggi sehingga beresiko menambah kandungan gula darah secara drastis.

Mau tahu, Obat Diabetes Alami yang Bisa Menurunkan Gula Darah?


Komentar