5 Bahan Alami yang Bisa Membersihkan Makeup

5 Bahan Alami yang Bisa Membersihkan Makeup


Kadang, kita terlalu malas untuk membersihkan makeup. Padahal membersihkan makeup di wajah itu sangat penting agar tidak muncul masalah baru di kulit. Tahukah Anda, jarang membersihkan makeup di wajah bisa membuat pori-pori wajah tersumbat lho.


Jika pori-pori wajah sudah tersumbat, maka bisa menyebabkan sebum atau minyak berlebih. Dan jika sebum atau minyak terus menumpuk, maka bisa memunculkan masalah kulit seperti pigmentasi, jerawat atau rosacea.

Jadi, sangat penting untuk membersihkan makeup. Tak hanya makeup remover saja yang bisa Anda gunakan. Ada juga bahan alami yang bisa membersihkan makeup yang bisa Anda coba, apa saja?

5 Bahan Alami yang Bisa Membersihkan Makeup


Supaya terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, pigmentasi dan rosacea, maka Anda tak boleh malas membersihkan makeup. Apa saja bahan alami yang bisa membersihkan makeup?
  • Madu dan baking soda
Madu dan baking soda bisa mengeksfoliasi dan bisa menjadi pembersih makeup yang tepat. Menurut dokter spesialis kulit dari New York, dr. Marina Peredo, madu dan baking soda bahkan bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta bisa mengangkat komedo.
  • Susu
Menurut Geoffrey Rodriguez, seorang penata rias asal Los Angeles, susu yang kaya akan kandungan vitamin dan kalsium bisa dipakai untuk membersihkan makeup. Bahkan sudah lama digunakan yaitu berabad-abad yang lalu diseluruh dunia.

Sebagai pembersih makeup, Anda dapat merendam bola kapas dalam susu murni dan memakainya untuk membersihkan seluruh daerah wajah. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
  • Minyak kelapa dan zaitun
Minyak kelapa dan minyak zaitun termasuk bahan alami yang bisa membersihkan makeup. Bahkan bisa melembapkan dan menghidrasi kulit.
  • Mentimun
Tak hanya bisa digunakan untuk masker wajah saja, mentimun juga termasuk salah satu bahan alami yang bisa membersihkan makeup. Untuk memanfaatkannya, Anda hanya perlu memarut mentimun, kemudian peras dan ambil airnya.

Setelah itu, celupkan kapas di dalam perasan air mentimun. Tapi, cara ini hanya bisa dipakai untuk makeup yang ringan saja ya.
  • Lidah buaya
Lidah buaya memang sudah lama dikenal manfaatnya untuk kulit. Salah satunya untuk membersihkan makeup. Tapi, gel dari lidah buaya ini hanya bisa dipakai untuk membersihkan riasan di bagian mata.

Cara menggunakannya cukup mudah, dinginkan gel lidah buaya dan pakai kapas bila ingin menerapkannya sebagai pembersih wajah.

Jadi.. Siapkah Anda memakai kelima bahan alami di atas untuk membersihkan makeup? Atau sudah punya pengalaman memakai salah satu bahan alami di atas? Yuk, share pengalaman kalian, ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya! Terima kasih.

Komentar