Ciri-ciri Kanker Serviks yang Paling Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kanker Serviks yang Paling Mudah Dikenali

Kanker serviks disebut sebagai penyakit wanita yang paling mematikan di Indonesia karena penyakit ini sangat ganas. Agar bisa terhindar dari bahaya kanker serviks, maka sangat penting untuk tahu ciri-ciri dari kanker serviks.



Kanker serviks merupakan kanker yang berkembang di leher rahim wanita. Leher rahim ini mempunyai fungsi sebagai pintu masuk dari vagina untuk menuju rahim.

Semua wanita dari kalangan usia manapun mempunyai resiko terserang kanker serviks. Oleh karena itu, Anda harus memahami caranya mengenali gejala-gejala kanker serviks.

Ciri-ciri Utama Kanker Serviks

Wanita yang baru saja mengembangkan kanker di serviks kerapkali tidak merasakan gejala apapun. Ciri-ciri kanker serviks biasanya tak akan muncul hingga kanker menyebar dan tumbuh di jaringan-jaringan sekitarnya.

Bila hal ini terjadi, maka ciri-ciri kanker serviks yang akan dirasakan adalah:
  • Vagina mengalami perdarahan yang abnormal
Misalnya, perdarahan setelah berhubungan seksual, perdarahan walaupun sudah selesai menopause, perdarahan dan keluar bercak darah di luar periode menstruasi/haid, mengalami periode menstruasi yang lama atau banyak keluar darah daripada biasanya. Perdarahan setelah pemeriksaan pelvic juga bisa menjadi ciri umum kanker serviks.
  • Keputihan yang tak biasa dari vagina
Keputihan mungkin disertai dengan bercak darah dan bisa terjadi di luar periode menstruasi atau setelah menopause.
  • Rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual
  • Hematuria atau urine berdarah
  • Tak sanggup untuk mengendalikan kandung kemih (inkontinensia urin)
Ciri-citi kanker serviks di atas memang bisa disebabkan oleh penyakit lain selain kanker. Misalnya, infeksi juga dapat menyebabkan rasa nyeri atau perdarahan di vagina. Namun, jika Anda mengalami masalah-masalah di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Ciri-ciri Kanker Serviks Lainnya

Ciri-ciri kanker serviks selain 5 ciri utama di atas bisa juga dialami oleh mereka yang menderita kanker. Tapi, ciri-ciri berikut ini mungkin baru akan dialami jika kanker serviks sudah menyebar ke jaringan dan organ disekitarnya.

Bila Anda seorang wanita yang sudah berusia 21 tahun, para pakar kesehatan menyarankan Anda untuk rutin menjalani pemeriksaan Pap smear. Pemeriksaan ini tujuannya untuk memeriksa apakah ada sel-sel pra kanker atau sel-sel kanker di leher rahim (serviks). Pap smear bisa digunakan untuk mendeteksi dini gejala kanker serviks.
  • Sembelit
  • Pembengkakan di salah satu kaki
  • Nyeri tulang
  • Rasa nyeri yang parah di sisi kanan atau kiri atau belakang tubuh yang disebabkan karena pembengkakan di ginjal, berhubungan dengan kondisi yang disebut dengan hidronefrosis.
  • Kehilangan selera makan.
  • Perubahan kebiasaan berkemih serta pergerakan usus.
  • Kelelahan atau kekurangan energi.
  • Penurunan berat badan yang tak jelas sebabnya.
Bila Anda mengalami ciri-ciri kanker serviks yang disebutkan di artikel ini, terlebih jika dialami dalam waktu bersamaan, ada baiknya periksakan diri ke pusat layanan kesehatan untuk memastikan penyebabnya dan supaya bisa diatasi secepat mungkin.

Untuk Anda yang sudah benar-benar khawatir akan adanya kanker pada serviks, maka sangat dianjurkan untuk secepatnya menjalankan pengobatan. Beberapa orang memilih untuk menempuh jalan pengobatan alternatif sebagai cara cepat untuk mencegah agar ciri-ciri kanker serviks tak bertambah parah.

Komentar