Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari


Sinar matahari memiliki manfaat sebagai sumber energi utama untuk mengubah provitamin D yang ada di jaringan kulit menjadi vitamin D. Memang sebagian besar pembentukan vitamin D pada manusia difasilitasi oleh sinar matahari.

Vitamin D juga bukan hanya baik untuk tulang saja. Tapi juga berperan untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang mematikan. Seperti vein thromboses atau penggumpalan darah pada kaki.


Salah satu cara untuk memperoleh sinar matahari yang cukup adalah dengan berjemur selama kurang lebih 30 menit per hari. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat dari berjemur di bawah sinar matahari.
  • Menurunkan kadar gula darah
Sinar matahari bisa memberi kelancaran proses penyerapan glukosa masuk ke dalam sel sel tubuh. Hal ini bisa merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi gula yang tersimpan (Glycogen) di hati dan otot. Dengan begitu, gula darah bisa turun.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Pancaran sinar matahari pada tubuh bisa menambah sel darah putih. Terutama limfosit yang dipakai untuk menyerang penyakit. Antibodi juga akan bertambah.

Pengaruh ini bisa bertahan hingga 3 minggu. Nitrofil mematikan kuman-kuman lebih cepat setelah pernafasan dengan sinar matahari. 10 menit dibawah sinar matahari, 1 atau 2 kali setiap minggu bisa mengurangi flu sebesar 30 hingga 40 persen. 
  • Penawar infeksi dan pembunuh bakteri
Sinar matahari bisa mematikan bakteri penyakit, jamur dan virus. Manfaat sinar matahari yang satu ini sangat berguna untuk perawatan penyakit TBC, keracunan darah, erysipelas, pneumonia, peritonitis, mumps dan asma.

Beberapa virus penyebar kanker juga bisa ditaklukan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur bisa bereaksi terhadap sinar matahari. Dalam 10 menit saja, bakteri yang ada di udara bisa dilumpuhkan oleh sinar matahari.
  • Meningkatkan kebugaran pernapasan
Sinar matahari bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke berbagai jaringan di dalam tubuh. Faktor lain yang dapat meningkatkan kebugaran pernapasan adalah glikogen bertambah di hati dan otot, setelah berjemur di bawah sinar matahari.
  • Membantu pembentukan dan perbaikan tulang
Dengan bertambahnya vitamin D dalam tubuh karena terpapar sinar matahari, maka otomatis bisa meningkatkan penyerapan kalsium dan bisa membentuk serta memperbaiki tulang. Sehingga bisa mencegah munculnya penyakit tulang.

Mendapat sinar matahari di negeri Tropis seperti di Indonesia ini tidaklah sulit. Sinar matahari mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Jadi, rajinlah untuk memanaskan tubuh. Terutama di bawah sinar matahari pagi yang berperan mengubah provitamin D jadi vitamin D untuk kebaikan tubuh.

Komentar