6 Penyebab Haid Tidak Lancar

6 Penyebab Haid Tidak Lancar


Haid normalnya dialami setiap bulan oleh wanita. Umumnya, siklus haid ini terjadi setiap 21 hingga 35 hari pada wanita yang belum memasuki menopause. Namun, akibat ketidakseimbangan homon dan berbagai faktor lain bisa membuat haid menjadi tidak lancar atau tidak teratur.




Bila Anda belum menopause tapi siklus haid Anda tidak lancar atau tidak teratur, maka coba cek beberapa faktor haid tidak lancar berikut ini. Mungkin Anda mengalaminya.


  • Stres
Faktor penyebab haid tidak lancar yang pertama adalah stres. Stres sangat bisa memengaruhi kadar hormon dan kondisi tubuh. Bagian otak yang bisa memengaruhi siklus haid adalah hypothalamus. Bila dibiarkan, stres bisa menyebabkan berat badan menurun secara drastis dan sakit.

Kedua hal tersebut juga dapat berdampak pada siklus haid. Jika Anda stres, upayakan untuk mengubah gaya hidup dan rileks sejenak.

  • Berat Badan yang Rendah
Berat badan yang 10 persen lebih rendah dari berat normal bisa mempengaruhi fungsi tubuh bahkan bisa menghentikan ovulasi.

Berat badan rendah terutama pada seseorang yang menderita gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia, ada baiknya segera diatasi dengan cara menambah berat badan serta makan makanan yang bergizi dan seimbang.

  • Obesitas
Tubuh dengan berat badan yang terlalu tinggi pun juga dapat memicu perubahan hormon. Jadi, lakukan diet dan perbanyak melakukan olahraga untuk membantu menyeimbangkan kembali berat badan.

  • Pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi memiliki kandungan hormon estrogen dan progestin yang bisa mencegah produksi sel telur pada ovarium. Setelah berhenti mengkonsumsi pil ini, maka tubuh wanita masih membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk mendapatkan siklus haid yang normal.

Disamping itu, bentuk kontrasepsi lain yang ditanam didalam tubuh juga dapat menyebabkan siklus haid yang tidak teratur.

  • Masalah tiroid
Faktor lain yang dapat mengganggu kelancaran siklus haid adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif. Tiroid memiliki peranan untuk mengatur metabolisme tubuh. Sehingga, bisa mempengaruhi hormon juga.

  • Perimenopause
Tahukah Anda, bahwa rata-rata usia menoapuse pada wanita adalah 51 tahun. Dalam 2-8 tahun sebelum menopause tiba, wanita biasanya mengalami fase perimenopause. Kondisi di mana tubuh secara bertahap akan mengurangi produksi estrogen untuk mempersiapkan menopause.

MAU OBAT PELANCAR HAID??


Komentar