Akibat Membiarkan Penyakit Asam Urat

Akibat Membiarkan Penyakit Asam Urat


Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini menyerang area persendian. Persendian akan terasa sangat nyeri bila sudah terserang asam urat.



Bila penyakit ini dibiarkan begitu saja alias tidak mendapat pengobatan yang semestinya, maka dapat berlanjut memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang jauh lebih serius.

Nah, jadi penyakit asam urat harus segera diatasi. Karena bila tidak, beberapa masalah kesehatan berikut ini bisa terjadi.

  • Penyakit Gout

Salah satu komplikasi yang sering terjadi saat kadar asam urat dalam tubuh tinggi yaitu munculnya penyakit gout. Kondisi ini terjadi karena adanya pembentukan kristal asam urat yang mengendap di dalam persendian. Umumnya, menyerang jempol kaki.

Sendi yang mengalami gout biasanya akan meradang, kemerahan, terasa panas jika disentuh, bengkak dan nyeri yang tidak tertahankan. Bila dibiarkan atau tak teratasi dengan baik, maka bisa muncul kerusakan permanen pada sendi. Di samping itu, bisa juga terbentuk tophi, yakni benjolan besar yang berisi kristal asam urat.

  • Batu Ginjal
Kristal asam urat juga bisa mengendap di area ginjal dan saluran kemih. Alhasil, lama kelamaan bisa terbentuk batu ginjal. Kondisi ini bisa ditandai dengan adanya rasa sakit di bagian pinggang atau area selangkangan, ditemukan darah dalam urine, jumlah urine yang dikeluarkan berkurang, timbul rasa sakit atau sensasi terbakar ketika berkemih, keinginan buang air kecil terus menerus, mual bahkan muntah dan lainnya.

  • Nefropati Akut
Kristal asam urat yang mengendap di area ginjal bisa menyumbat saluran didalam ginjal. Akibatnya, tekanan didalam ginjal mengalami peningkatan. Sehingga, tekanan pembuluh darah ginjal juga ikut meningkat serta aliran darah ke ginjal jadi berkurang. Kondisi ini disebut dengan Nefropati akut akibat asam urat.

  • Sindrom Metabolik
Kondisi hiperurisemia atau kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi juga dianggap berkaitan dengan sindrom metabolik. Mungkin dikarenakan keduanya bisa muncul akibat pola makan yang buruk.

Sindrom metabolik merupakan kumpulan gejala yang meliputi tekanan darah yang tak normal, kegemukan di area perut atau viseral dan kelainan kadar lemak dan gula darah. Akibatnya, munculah resiko penyakit jantung dan juga pembuluh darah seperti serangan jantung, penyakit stroke dan lainnya.

Setelah tahu beberapa akibatnya pada tubuh bila asam urat dibiarkan, maka diharapkan Anda dapat lebih mampu mengendalikannya. Untuk menghindari berbagai bahaya akibat asam urat tinggi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksakan kadar asam urat di dalam tubuh Anda.

Bila hasilnya tinggi, berarti Adnda harus merubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Konsumsi berbagai makanan yang rendah purin serta perbanyak minum. Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi obat untuk menurunkan asam urat dibawah pengawasan dokter.

Komentar

  1. keith titanium - An ancient glass dating from Egypt
    The titanium dioxide sunscreen stone age dating from babyliss pro titanium the Edict of Tiberius. titanium chain In titanium tubing the Edict of Tiberius the clay pottery pottery pottery pottery potter potter potter potter potter potter potter 2018 ford ecosport titanium potter potter potter potter potter potter $3.00 · ‎Out of stock

    BalasHapus

Posting Komentar