Anjuran Makanan Bagi Penderita Asam Urat Ketika Puasa

Anjuran Makanan Bagi Penderita Asam Urat Ketika Puasa


Ada banyak penelitian yang sudah mengungkapkan bahwa berpuasa bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan tahukah Anda, bahwa berpuasa ternyata bermanfaat bagi para penderita asam urat.

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa memunculkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, bengkak hingga rasa panas di persendian. Ketika penderita asam urat menjalankan puasa, maka asupan makanan yang masuk ke tubuh akan terbatas.



Termasuk makanan yang mengandung purin. Zat purin yang masuk ke tubuh akan terbatas, sehingga kadar asam urat bisa terkontrol dengan baik. Namun sangat penting Anda memerhatikan makanan yang diasup saat berbuka atau sahur. Berikut adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghindari kambuhnya asam urat ketika puasa:

  • Batasi Makanan yang Mengandung Purin
Kurangi berbagai jenis makanan yang mengandung purin seperti kepiting, udang, daging sapi, kuning telur, kambing, ayam dan jeroan hewan. Bila ingin mengonsumsi sumber protein, Anda bisa mengonsumsi protein murni seperti putih telur, protein nabati dan protein yang merupakan sumber asam lemak essensial seperti ikan tuna dan salmon.

  • Perbanyak Mengonsumsi Air Putih
Ketika Anda banyak minum air putih, hal ini akan membantu melancarkan pengeluaran purin yang berlebihan di dalam tubuh melalui urin. Karena itu, perbanyaklah minum air mineral ketika sahur ataupun berbuka. Selain itu, air juga dapat menjaga kelembapan tubuh serta terhindar dari dehidrasi.

  • Tinggi karbohidrat
Jenis karbohidrat komplek seperti ubi, roti, nasi, singkong sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Karena beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan pengeluaran asam urat lewat urin.

Sedangkan karbohidrat sederhana harus dikurangi. Karbohidrat sederhana tersebut bisa ditemukan pada permen, sirup dan gula. Bila karbohidrat yang satu ini terus Anda konsumsi, maka dapat meningkatkan kadar asam urat serum.

  • Sayur dan buah
Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi seperti makanan-makanan yang mengandung banyak mineral, vitamin dan serat. Sayur dan buah termasuk contoh makanan yang bagus dikonsumsi sehari-hari bagi para penderita asam urat.

Nah itu dia beberapa anjuran makanan bagi para penderita asam urat ketika puasa!

Mau tau cara penyembuhan asam urat yang mudah dan efektif?Simak artikel di bawah ini sampai habis..


Mau normalkan kadar asam urat secara alami, tepat dan tanpa efek samping? Jawabannya, rutinkan minum herbal Qnc Jelly Gamat.



Ekstrak teripang emas dalam Qnc Jelly Gamat ampuh sembuhkan asam urat hingga ke akarnya. Produk ini juga sudah BPOM dan Halal MUI sehingga sangat aman dikonsumsi.



Bukan tanpa bukti, simak kesaksian dari pengguna QNC JELLY GAMAT













Disclaimer: hasil bisa bervarisi. Tergantung metabolisme tubuh dan tingkat keparahan penyakitnya.

MAU COBA? SILAHKAN KLIK JIKA MAU PESAN


Komentar