Cara Mengobati Bisul di Kelopak Mata

Cara Mengobati Bisul di Kelopak Mata


Bisul di kelopak mata atau yang biasa disebut bintil tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Tak hanya terasa nyeri, tapi juga bisa membuat penampilan jadi tak enak dilihat. Adakah obat yang bisa menyembuhkan bisul di kelopak mata?

Dalam artikel ini, Anda akan belajar membuat ramuan herbal yang bisa mengatasi bisul di kelopak mata. Tanaman herbal yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah tanaman meniran.

Tanaman yang satu ini dipercaya bisa menyembuhkan bisul di kelopak mata. Seperti apa cara membuat ramuannya? Simak artikelnya berikut ini.


Cara Mengobati Bisul di Kelopak Mata dengan Tanaman Meniran


Tanaman meniran atau Phyllanthus niruri menjadi bahan utama ramuan herbal untuk bisul di kelopak mata. Pasalnya, tanaman ini mempunyai aktivitas anti mikroba. Tanaman meniran juga mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat seperti flavonoid, alkaloid dan triterpenoid yang membuatnya mempunyai aktivitas tersebut.

Kemampuan tanaman meniran ini sudah diuji dalam sebuah penelitian yang dibahas pada jurnal 'Antimicrobial Activity of Phyllanthus Niruri'. Penelitian tersebut mempelajari bagaimana aktivitas anti mikroba dari ekstrak meniran terhadap patogen yang sebabkan infeksi kulit, infeksi pernapasan, infeksi saluran kemih dan infeksi saluran pencernaan.

Ekstrak meniran diketahui efektif menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, Enterococcus fecalis, Bacillus subtilis, Salmonella paratyphi B, Salmonella typhi, Proteus vulgaris dan Serratia marsescens.

Bahkan kemampuan anti mikroba pada meniran tersebut bisa disandingkan dengan kemampuan antibiotik lemofloxacin yang sering digunakan utnuk mengatasi infeksi bakteri, termasuk infeksi di mata.


RESEP HERBAL UNTUK BISUL DI KELOPAK MATA


Bahan:

Siapkan batang dan daun meniran secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus tanaman meniran tersebut bersama 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, Anda bisa mematikan kompor dan mendinginkan ramuannya.

Aturan pakai:

Gunakan air ramuan tersebut untuk mencuci mata dengan gelas khusus.

Mau pengobatan yang lebih praktis lagi?


Komentar