Catat, 6 Hal Ini Bisa Menurunkan IQ

Catat, 6 Hal Ini Bisa Menurunkan IQ


Anda bisa menyelesaikan teka-teki silang dalam sekejap atau selalu menang saat bermain tebak kata scrabble dengan teman merupakan petunjuk bahwa Anda rajin mengasah kecerdasan otak.


Tapi, ada banyak hal yang ternyata dapat melunturkan intelegensi Anda. Berikut merupakan 6 hal yang dapat menurunkan IQ Anda.
  • Merasa Tertekan
Mengkhawatirkan keadaan finansial, urusan pekerjaan yang sangat menumpuk serta risau menjaga keseimbangan kehidupan sosial dapat menciptakan banyak hormon stres di dalam tubuh.

Menurut Brendan Kelly, MD, seorang ahli saraf di the Ohio State University wexner medical center, stres tingkat tinggi tidak hanya dikaitkan dengan fungsi otak yang buruk. Tapi juga dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit alzheimer. Perubahan akibat stres dipercaya menjadi penyebab peningkatan resiko mengidap alzheimer.
  • Baju yang Tak Muat Lagi
Hasil penelitian menunjukan bahwa obesitas paruh baya dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan peningkatan resiko demensia dikemudian hari.

Sebuah riset yang dimuat di dalam American Journal of epidemiology menunjukan adanya hubungan antara obesitas dengan kemampuan intelektual yang rendah di masa remaja dan dewasa. Obesitas adalah masalah medis kompleks yang perlu diatasi sedini mungkin.
  • Terbiasa Mengonsumsi Makanan Manis
Gula tidak hanya menambah lingkar pinggang. Tapi dalam jumlah yang besar, gula bisa memengaruhi sel-sel otak. Penderita diabetes mempunyai resiko demensia yang lebih besar. Mengonsumsi gula yang tinggi diketahui bisa memengaruhi fungsi sel otak serta kemampuan kognitif.
  • Menyukai Kegiatan Multi-tasking
Mengetik email ketika berdiskusi dengan rekan kerja sembari makan siang di waktu bersamaan mungkin kedengarannya biasa saja, kan? Kebiasaan multi-tasking ini dapat menekan proses di otak anda.

Bagian lobus frontal di otak merupakan mesin utama yang mengarahkan perhatian anda. Bagian ini memiliki daya pemrosesan yang cukup terbatas. Jika anda mencoba melampaui apa yang otak anda sanggupi, pikiran akan terhambat. Kondisi ini mirip seperti komputer yang ngehang saat dipaksa membuka banyak program.
  • Menghabiskan Banyak Waktu Bersama Perokok
Meski bukan perokok, menghirup asap rokok bisa membuat otak menyerap zat beracun dari rokok. Terus menerus menghirup asap rokok akan meningkatkan karbon monoksida di dalam tubuh. Hal ini dapat menggantikan oksigen yang vital diperlukan otak dan seluruh tubuh.

Kerusakan di pembuluh darah dan saraf bisa merusak kemampuan sel sel otak untuk berkomunikasi serta menyimpan informasi dengan benar.
  • Selalu Sibuk Bepergian
Berdasarkan riset dari University of California, Berkeley, jet lag kronis karena jadwal perjalanan yang sibuk bisa mempengaruhi kemampuan belajar serta mengingat selama sebulan penuh setelah kembali pulang. 

Bepergian melalui zona waktu yang berbeda bisa mengacaukan jam biologis tubuh anda. Sehingga, memunculkan gangguan tidur, makan dan regulasi hormon (yang semuanya juga mempengaruhi kemampuan belajar dan mengingat). Jet lag juga menjadi salah satu sumber stres yang berpengaruh besar.

Itulah enam kebiasaan yang dapat menurunkan IQ anda. Jadi, bila anda tak ingin tingkat kecerdasan berkurang, ada baiknya hindari atau paling tidak kurangi kebiasaan-kebiasan di atas.

Komentar

  1. Wah saya baru tau bahwa multitasking menurunkan iq seseorang. Thanks buat infonya.

    BalasHapus

Posting Komentar