Ciri-ciri Kanker Lidah yang Paling Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kanker Lidah yang Paling Mudah Dikenali


Anda tak boleh terkecoh dengan ciri-ciri kanker lidah dan sariawan biasa. Karena itu, cari tahu ciri-ciri dari kanker lidah agar pengobatan bisa segera dilakukan. Lantas bagaimana cara mengenali ciri-ciri kanker lidah dari sejak awal kemunculannya?



Ciri-cici kanker lidah sendiri sebetulnya bisa dilihat dengan jelas. Berawal dari adanya bercak aneh, munculnya peradangan yang berlangsung dalam waktu lama dan nyeri yang membatasi aktivitas lidah sebagai indera pengecap.

Jika Anda ingin mengenali ciri-ciri kanker lidah, maka perhatikanlah ciri-ciri kanker lidah yang kerap dialami oleh para pengidapnya, di antaranya:

  • Luka seperti sariawan yang tak kunjung sembuh setelah beberapa minggu
  • Ada benjolan di dalam mulut yang tak kunjung hilang
  • Ditemukan benjolan di kelenjar getah bening pada leher yang tak kunjung hilang
  • Rasa nyeri atau kesulitan ketika menelan (disfagia)
  • Mengalami perubahan suara atau kesulitan ketika berbicara
Bila hanya dilihat sekilas, luka seperti sariawan yang jadi awal gejala kanker lidah terlihat tidak berbeda dengan masalah sariawan biasa. Tapi coba Anda perhatikan baik-baik area disekitar luka tersebut.

Jika penyebabnya adalah sariawan, maka area sekitarnya terasa lunak. Sedangkan, jika penyebabnya adalah kanker, maka kemungkinan area sekitarnya terasa keras dan sakit dari leher hingga ke telinga.

5 Ciri-ciri kanker lidah (khusus)


Selain 5 ciri-ciri kanker lidah diatas, ada beberapa ciri lain yang tak boleh diabaikan. Namun, ingat bahwa mempunyai ciri-ciri kanker lidah (khusus) di bawah ini bukan berarti Anda pasti menderita kanker. Untuk lebih pastinya, tentu harus memeriksa langsung ke dokter terkait.

  • Berat badan mengalami penurunan yang tak jelas penyebabnya
  • Perdarahan atau mati rasa di sekitar mulut
  • Gigi mengendur tanpa penyebab yang jelas
  • Susah menggerakan rahang
  • Bercak merah atau putih di lapisan mulut (ciri kanker lidah yang sering terjadi)
Segera kunjungi dokter yang berpengalaman jika Anda menemukan ciri-ciri kanker lidah seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Terutama, jika beberapa ciri-cirinya terjadi dalam waktu bersamaan. Kunjungi dokter guna memastikan penyebabnya dan supaya bisa diatasi secepat mungkin.

Jika Anda memang terdiagnosa menderita kanker lidah, maka yakinkan diri bahwa Anda dapat mengalahkan kanker tersebut. Tetap semangat dan pertimbangkan berbagai pengobatan kanker lidah yang ada. Cari pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang tengah Anda hadapi.

Mau tau cara pengobatan kanker lidah?




Komentar