Ciri-ciri Kanker Rahim yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kanker Rahim yang Mudah Dikenali


Berdasarkan hasil laporan dari National Institute of Allergy and Infectious Disease, kebanyakan para wanita tidak merasakan ciri-ciri dari kanker rahim secara signifikan ketika pertama kali mereka mengidapnya.

Kondisi ini terjadi pada tahap displasia atau pra kanker hingga memasuki stadium awal, tak ada keluhan yang dirasakan. Seolah-olah kondisi tubuh mereka tampak baik-baik saja. Ketika seseorang mencurigai adanya perubahan pada diri mereka, biasanya mereka akan pergi untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.



Tapi saat diperiksa, biasanya kanker rahim telah memasuki tingkat yang lebih tinggi serta dikhawatirkan telah menyebar ke rongga panggul. Oleh karena itu, Anda harus mengenali ciri-ciri kanker rahim dari sejak awal kemunculannya.

Ciri-ciri utama Kanker Rahim


Memang, ketika sel-sel di rahim mulai bermutasi berubah jadi abnormal, jarang sekali ada ciri atau gejala yang dirasakan. Namun Anda mungkin akan mengalami gejala saat sel-sel tersebut sudah tumbuh menjadi sel kanker rahim. Berikut ini merupakan ciri-ciri kanker rahim yang harus diwaspadai.

  • Perdarahan dari vagina yang tak normal. Seperti perdarahan di luar periode haid, setelah melakukan hubungan seksual atau pasca menopause.
  • Perdarahan menstruasi lebih banyak dan lebih nyeri daripada biasanya.
  • Sakit perut bagian bawah atau panggul.
  • Sakit ketika berhubungan seksual.
  • Sakit punggung, kaki atau panggul.

Perdarahan dari vagina merupakan keluhan yang sangat umum dialami oleh banyak wanita dan bisa disebabkan karena banyak hal selain kanker. Namun gejala perdarahan ini tetap menjadi gejala yang harus diwaspadai dan harus diperksakan ke dokter.

Ciri-ciri Kanker Rahim lainnya


Jika kanker rahim sudah memasuki stadium yang lebih tinggi, maka bisa muncul gejala atau ciri-ciri kanker rahim seperti berikut ini:


  • Kehilangan nafsu makan
  • Kelelahan
  • Mual
Jika Anda merasakan ciri-ciri kanker rahim seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini, terutama bila terjadi dalam waktu bersamaan atau dalam waktu yang lama, ada baiknya segera temui dokter guna memastikan penyebabnya dan agar dapat diatasi secepat mungkin. Sekian, dan semoga bermanfaat.

Komentar