Penyebab Kaki Bengkak

Penyebab Kaki Bengkak


Pembengkakan pada kaki bisa membuat kita susah untuk melakukan aktivitas. Ketahui apa saja penyebabnya guna menghindari terganggunya aktivitas Anda.



Dalam ilmu medis, biasanya kaki bengkak disebabkan karena edema atau adanya tumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di area kaki. Pembengkakan di kaki bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Umumnya, penderita penyakit jantung dan ginjal akan mengalami pembengkakan pada kaki.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat membuat kaki menjadi bengkak:

  • Limfedema
Limfedema adalah kondisi medis yang muncul akibat adanya gangguan pada pembuluh getah being yang menghambat peredaran cairan di kaki. Akibatnya, cairan menumpuk dan kaki menjadi bengkak.

  • Cedera
Kaki yang bengkak bisa disebabkan karena cedera pada kaki atau pergelangan kaki. Saat pergelangan kaki cedera, ligamen (pita fleksibel yang menjadi penghubung tulang dengan tulang lainnya) akan merenggang melampaui batas normal. Hal tersebut bisa membuat kaki menjadi bengkak.

  • Kehamilan
Kaki bengkak pada wanita hamil merupakan hal yang sangat normal. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah besar dipangkal paha menerima tekanan dari bayi dalam kandung yang tubuhnya semakin membesar. Karena itulah, di bulan-bulan terakhir kehamilan seringkali terjadi pembengkakan pada kaki.

Tapi, wanita hamil yang mengalami pembengkakan pada kaki tetap harus diwaspadai. Terutama bila betis ikut membengkak serta meninggalkan lekukan saat ditekan. Bila kondisi ini terjadi pada trimester ke-3 kehamilan, kemungkinan anda mengalami preeklamsia.

Di samping itu, Anda juga harus waspada bila pembengkakan hanya terjadi di satu kaki dan betis memerah. Hal ini bisa jadi pertanda adanya gumpalan darah di pembuluh darah.

  • Infeksi
Kaki bengkak yang terjadi akibat infeksi cenderung lebih sering dialami oleh pengidap diabetes dan yang punya masalah saraf di kaki. Jadi, bila Anda mengidap penyakit tersebut, anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kaki. Terlebih saat terjadi lecet atau luka.


  • Pembekuan darah
Pembekuan darah dipembuluh darah pada kaki bisa mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung terhambat. Penumpukan darah yang beku dapat memicu kaki mengalami pembengkakan.

  • Menderita penyakit
Kaki bengkak dapat mengindikasi bahwa seseorang mengidap penyakit ginjal, hati atau jantung. Saat ginjal terganggu atau tak bisa melakukan fungsinya dengan baik, maka cairan bisa menumpuk di kaki yang akibatkan kaki menjadi bengkak.

  • Insufisiensi vena
Kaki bengkak dapat menjadi gejala awal anda mengalami Insufisiensi vena, yakni kondisi di mana darah tak dapat bergerak naik dari pembuluh darah di kaki ke jantung. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan di kaki. Bila tidak diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan borok kulit, perubahan kulit dan infeksi.

  • Efek samping obat
Beberapa obat dapat membuat kaki menjadi bengkak. Obat tersebut di antaranya obat diabetes, obat antidepresan, obat antiinflamasi non-steroid, obat steroid, obat untuk hipertensi dan pemakaian alat kontrasepsi oral.

  • Penyebab lainnya
Wanita yang tengah dalam siklus haid mungkin dapat mengalami kaki bengkak. Di samping itu, berdiri terlalu lama, berada dalam pesawat terlalu lama atau mengendarai mobil terlalu lama juga dapat memicu pembengkakan pada kaki.

MAU TAU OBAT YANG BISA SEMBUHKAN KAKI BENGKAK?


Komentar