Tiga Cara Menyembuhkan TBC

Tiga Cara Menyembuhkan TBC


TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Meski infeksi sering terjadi di paru-paru, tapi tak menutup kemungkinan TBC menginfeksi dan memengaruhi organ lain. Karena infeksi dapat secara perlahan menyebar lewat kelenjar getah bening dan aliran darah.



Gejala-gejala TBC sendiri meliputi lelah sepanjang waktu, batuk yang terus menerus (dengan dahak berdarah bila sudah parah), sesak napas, berat badan menurun, demam, berkeringat di malam hari serta nyeri pada dada, ginjal atau punggung.

Bila dibiarkan tidak diatasi, TBC dapat berakibat fatal. Pasalnya, TBC bisa menyebabkan kematian jaringan di organ yang terinfeksi. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi TBC begitu menyadari gejala-gejalanya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi TBC yang bisa Anda coba.

  • PISANG
Pisang mengandung nutrisi dan kalsium yang bisa mendongkrak sistem imun tubuh pada penderita TBC. Pisang juga bisa mengurangi gejala batuk dan demam. Begini cara mengonsumsi pisang bagi penderita TBC:
  1. Lumatkan satu buah pisang yang sudah matang. Campurkan ke dalam satu cangkir air kelapa. setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsi campuran ini 2 kali sehari.
  2. Buat jus pisang mentah dan konsumsi sehari sekali.
  3. Anda juga dapat mengonsumsi jus dari batang pisang untuk meredakan batuk kronis, dahak berlebih, demam dan keringat berlebih di malam hari. Secara perlahan-lahan, minum 1-2 gelas jus batang pisang tiap 2 jam hingga gejala TBC tersebut berkurang.

  • SRIKAYA
Kemampuan meremajakan (rejuvenating) yang dimiliki buah srikaya juga bisa mengatasi TBC. Bagian yang sering digunakan biasanya daging buahnya.
  1. Didihkan daging buah srikaya dan 25 kismis tanpa biji didalam satu setengah cangkir air. Tunggu hingga air tersisa sepertiganya.
  2. Saring kemudian tambahkan 2 sendok teh gula bubuk, seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan seperempat sendok teh bubuk kapulaga. Aduk dan tunggu sampai dingin.
  3. Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari.

  • DAUN MINT
Daun mint sangat bermanfaat membantu pengobatan TBC. Daun yang satu ini bisa membantu mengencerkan dahak, menutrisi paru-paru, merevitalisasi organ-organ tubuh dan membantu mencegah efek samping berbahaya dari obat-obatan tertentu.
  1. Campur 1 sdt jus daun mint, 2 sdt madu, 2 sdt cuka malt murni, dan setengah gelas jus wortel
  2. Pisah menjadi 3 bagian sama rata dan minum satu per satu setiap beberapa jam sekali.
Mau tau pengobatan TBC secara alami? KLIK DISINI

Komentar