Tips Mencegah Penyakit Asma Kambuh

Tips Mencegah Penyakit Asma Kambuh


Bagi sebagian penderitanya, penyakit asma mungkin hanya sekedar masalah kecil yang bisa hilang dengan cepat. Tapi bagi yang lain, penyakit asma bisa sangat mengganggu aktivitas bahkan bisa menyebabkan kematian.



Meskipun tidak dapat disembuhkan sama sekali, kekambuhan penyakit asma dapat dicegah atau dikurangi dengan melakukan perawatan yang tepat.

Bila Anda menderita asma dan sering kambuh, kemungkinan besar mempunyai persediaan obat asma atau inhaler. Namun, sebetulnya ada cara lain yang dapat meminimalisir kemungkinan serangan asma. Berikut merupakan tips mencegah asma yang dapat dicoba.

  • Gunakan AC atau Penyejuk Udara
AC bisa mengurangi jumlah serbuk sari yang terbawa udara dari rumput, pohon dan lainnya. Selain itu, Di samping itu, ruangan ber-AC bisa mengurangi kelembapan sehingga paparan dust mite bisa diminimalisir. Untuk Anda yang tidak mempunyai AC, coba untuk pasang filter debu pada jendela, atau buka jendela seperlunya saja.

  • Hindari Alergen yang Memicu Asma
Anda mungkin harus menghindari kucing atau anjing, karena bulu mereka dapat membuat asma Anda kambuh. Bila Anda memelihara mereka, maka pindahkan hewan tersebut dari dalam rumah. Atau setidaknya jauh dari kamar Anda. Ingat, jangan beli perabotan, pakaian atau karpet yang terbuat dari bulu hewan ya!

  • Bersihkan Rumah Secara Rutin
Jangan tunggu hingga rumah Anda berdebu atau kotor, bersihkan rumah setiap hari agar debu tak menumpuk. Pakai pengisap debu yang mempunyai penyaring untuk partikel kecil. Dan jangan lakukan pekerjaan yang dapat menambah tumpukan debu di rumah, seperti menggergaji perabotan kayu.

  • Berhenti Merokok dan Hindari Perokok atau Asap Rokok
Tak hanya asap rokok saja yang harus Anda hindari, tapi semua jenis asap juga harus Anda hindari seperti asap pembakaran sampah yang bisa menyebabkan iritasi mata, hidung dan tentunya bisa memicu penyakit asma kambuh.

  • Olahraga yang Teratur
Dulu, dokter mungkin akan melarang Anda untuk olahraga karena khawatir asma akan kambuh. Kini, kebanyakan dokter justru menyarankan penderita asma untuk melakukan olahraga teratur karena dinilai bermanfaat.

Tapi ingat, olahraga berat seperti lari maraton dan balap sepeda sangat tidak disarankan untuk dilakukan oleh penderita asma.

  • Pertahankan Berat Badan Ideal
Berat badan berlebih bisa memperburuk gejala asma dan bisa memperbesar risiko terkena masalah kesehatan lainnya.

  • Konsumsi Buah dan Sayur-sayuran
Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, kinerja paru paru bisa meningkat serta bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit asma. Pasalnya, buah dan sayuran diperkaya kandungan antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain beberapa tips di atas, ada juga obat-obatan herbal yang dipercaya dapat mengurangi intensitas kekambuhan sekaligus mencegah asma. Meskipun efeknya tidak secepat obat medis, obat herbal setidaknya dapat menghindarkan Anda dari berbagai efek samping.

Mau tau obat herbal yang tepat untuk Asma?


Komentar