Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Penderita Diabetes

Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Penderita Diabetes


Mengidap diabetes berarti Anda juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena gangguan mata seperti retinopati diabetik, glaukoma, diabetik makular edema dan katarak. Gangguan-gangguan mata tersebut bisa membuat Anda mengalami penurunan kualitas penglihatan hingga kebutaan.



Cara terbaik untuk mencegah berbagai gangguan tersebut tentu saja dengan cara rutin mengontrol diabetes. Dengan demikian, Anda dapat mencegah gula darah tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah serta protein akibat glukosa.

Sebagai pengidap diabetes, Anda tetap bisa menjaga kesehatan mata. Dilansir dari portal kesehatan WebMD, berikut ini merupakan tips menjaga kesehatan mata untuk para penderita diabetes.

  • Olahraga teratur
Olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan setiap orang. Olahraga ringan yang rutin dapat menurunkan kadar gula darah, mengatasi hipertensi dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ketiga hal tersebut memengaruhi kesehatan pembuluh darah di mata.

Anda tak perlu olahraga terlalu keras, lakukan olahraga yang ringan saja tapi dengan intensitas yang cukup. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jalan cepat atau membersihkan rumah. Setiap orang harus bisa berolahraga, setidaknya 30 menit setiap hari. Jika Anda pilih fitness sebagai pilihan olahraga, ada baiknya bicarakan dulu dengan dokter.

  • Makan ikan
Riset menunjukkan bahwa omega-3 yang ada didalam lemak ikan salmon, makarel, tuna dan sarden bisa menurunkan resiko retinopati diabetik. Menurut hasil riset ilmuwan, omega-3 bisa melawan peradangan dan pertumbuhan abnormal pembuluh darah di mata.

Omega-3 juga bisa mengontrol kolesterol dan hal itu juga bagus dalam melindungi kesehatan pembuluh darah. Sebagai saran, konsumsi 2 porsi ikan dalam seminggu.

  • Meditasi
Stres bisa meningkatkan gula darah dan tekanan darah. Menurut ahli, meditasi bisa menurunkan stres. Karena itu, bermeditasilah untuk menyegarkan pikiran dan juga tubuh. Hubungi terapis atau psikolog bila Anda membutuhkannya.

  • Perbanyak minum air putih
Dehidrasi juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Jus dan soda memang dapat mengurangi dehidrasi, tapi keduanya juga bisa meningkatkan gula darah. Karena itulah, satu-satunya pilihan terbaik adalah perbanyak minum air putih.

Jika Anda ingin mengonsumsi minuman yang mengandung rasa, maka coba konsumsi infused water yakni air putih yang dicelupkan beberapa potongan buah.

  • Pakai kacamata pelindung
Sinar UV matahari yang menyengat bisa merusak mata dan bisa meningkatkan resiko terkena gangguan mata. Jika Anda sudah terserang diabetes, resiko terkena penyakit mata memang tetap tinggi.

Tapi, Anda bisa mencegahnya dengan cara melindungi mata dari sinar matahari. Jadi, kalau sedang beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya pakai kacamata hitam yang bisa melindungi mata Anda.

  • Konsumsi sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam dan selada mengandung banyak nutrisi lutein dan zeaxanthin. Zat antioksidan tersebut akan melindungi sel sel di dalam retina. Di samping itu, berbagai sayuran tersebut juga mengandung vitamin E yang dapat mencegah katarak.
  • Konsumsi obat secara rutin
Sebagai pengidap diabetes, Anda harus rutin mengkonsumsi obat untuk mengontrol diabetes. Anda harus memperhatikan aturan pakainya seperti kapan, bagaiamana dan seberapa banyak yang harus Anda konsumsi.

Insulin harus Anda simpan di suhu khusus sesuai intruksi dari dokter. Bicarakan dengan dokter bila kadar gula darah Anda sering meningkat dan menurun. Karena bisa jadi dosis obat yang dikonsumsi harus ditambah atau dikurangi.

  • Konsumsi serat
Serat bisa memperlambat masuknya gula darah ke dalam sistem tubuh. Di samping itu, makanan yang mengandung serat larut juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ahli nutrisi biasanya merekomendasikan mengonsumsi serat sekitar 5 hingga 10 gram setiap hari.

Jadi mulailah hari dengan mengkonsumsi oatmeal di pagi hari. Makanan lain yang mengandung serat tinggi yaitu kacang-kacangan, terong, okra dan buah yang mengandung pektin tinggi seperti stroberi, apel dan anggur.

  • Berhenti merokok
Merokok bisa sangat membahayakan kesehatan mata. Rokok bisa meningkatkan resiko terkena katarak sebanyak 2 kali lipat. Terutama jika Anda juga mengidap diabetes, resikonya menjadi semakin tinggi. Perokok juga mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena retinopati diabetik.

  • Rutin periksa mata
Supaya gangguan mata bisa terdeteksi lebih dini, maka rutinlah untuk memeriksakan mata ke dokter. Hal ini khususnya penting untuk para penderita diabetes. Setidaknya, lakukan pemeriksaan mata setahun sekali akan memudahkan dokter memeriksa kondisi retina. 

Dengan demikian, dokter dapat mendeteksi bila terjadi kerusakan. Semakin dini diagnosisnya, maka semakin mudah pula untuk menanganinya.

Ingin mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi gangguan mata seperti retinopati diabetik, glaukoma, diabetik makular edema dan katarak ?

Tanya kami via WhatsApp, KLIK DISINI !!

Komentar